Inderscience Tidak di Akui Indonesia sebab Tak ada di GoogleMaps!!!

Apa kabar pembaca yang budiman?

 

Kali ini saya ingin mengajak pembaca yang budiman untuk bersikap kritis terhadap kebijakan terbaru (kemarin, 23-Nov-2017) KemenRisTekDikTi yang meragukan kualitas jurnal di Inderscience dan menolak karya ilmiah yang di publish di salah satu jurnal terbitan inderscience sebagai persyaratan promosi ke Profesor. Link nya: http://pak.ristekdikti.go.id/portal/?p=556

 

Jika alasan yang di ungkapkan atas penolakan inderscience itu valid, maka saya mungkin dapat menerima kenyataan ini, meskipun pahit hehe (sebab ada beberapa publikasi di sana). Tapi, alasan penolakan Inderscience adalah karena Inderscience tidak dapat di temukan di GoogleMaps oleh tim dari KemenRisTek Dikti. Really? How solid is the reason.

 

Ini capture dari artikel nya:

Sungguh sangat di sayangkan kebijakan ini keluar begitu saja tanpa alasan yang solid. Saya coba mencari nama-nama di balik kebijakan ini melalui website mereka tapi tidak saya temukan. Saya hanya penasaran saja, apakah mereka memiliki publikasi di inderscience atau justru malah di jurnal predatory!

 

Saya sendiri suka buka website kampus-kampus di Indonesia dan search satu-per-satu nama Professor mereka di GoogleScholar dan Scopus. Fakta, banyak dari mereka yang publikasinya di terbitkan oleh predatory journals yang hanya tinggal bayar lalu published sekejap mata tanpa proses review yang semestinya.

 

Mari kita lihat perkembangan selanjutnya, apakah kebijakan “Bingung” ini akan di pertahankan? ataukah mereka akan merevisi kebijakan ini.

 

Salam,

Abduh

Comments

    1. Post
      Author
  1. Ganjar Fadillah

    Selamat sore Pak,

    Menarik juga alasannya, tapi saya coba search publisher lain juga nampaknya sama seperti itu. Itu ada 428 jurnal yang di balck list, saya hitung publisher ini lebih dari angka itu, apa artinya tidak semua jurnal di black list atau bagaimana ya Pak?

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *